Wednesday, August 26, 2009

Pinatubo

Pinatubo? You know Pinatubo? Yeah, Pinatubo ntu nama gunung berapi yang ada di Filipina--kalo gak salah sih di pulau Mindanao, tapi udah lupa-lupa ingat *C...Am...Dm ke G...ke C lagi...halah apa lagi gua* nih gue, lebih lanjut silakan tanya ke Rafiina Andi IX - D, orang yang belakangan ini gue sebut sebagai Google Berjalan--hah ampun Fin. Ya pokoknya gitu...gunung Pinatubo itu kalo mletus ilah jan...modar siah. Kenapa mendadak gue nulis tentang gunung? Apakah gue banting setir pengen jadi ahli gunung berapi? Hahaha jelas tidak, Boi, jadi tadi tuh pas pulang sekolah gaada yang bisa ditonton di tipi, yaudah gue nonton NGC, nah acaranya tuh tentang gunung Pinatubo.

Jadi tuh sekitar bulan Juni tahun 1991, gunung Pinatubo udah nunjukin tanda-tanda bakal mletus. Para seismolog juga udah menghimbau warga sekitar biar ngungsi. Tapi, karena warga sekitar gunung itu kebanyakan warga primitif, yaudah mereka pada kagak percaya. Beberapa warga yang sadar memutuskan mengevakuasi diri mereka sendiri, tapi warga yang masih ngeyel malah sembunyi di gua, berdo'a sama Dewa.

Tanggal 17 Juni (CMIIW), Pinatubo meletus.

Jangan lu kira letusannya setara ama gunung Merapi-nya Mbah Maridjan, Boi, gunung Merapi mah lewat! Wedus gembel-nya...masya Allah, tebel amir, katanya sih dua ratusan kali lipat bom atom Hiroshima. Busyet gue liat bom atom Hiroshima di pelem dokumenter aja udah...innalillahi, ini ratusan kali lipatnya. Parah deh, hujan debu ama lumpurnya ampe begono...lu harus liat itu acara tipi, bakal keabisan kata-kata deh lu Boi.

Gimana nasibnya penduduk?

Yang mengungsi, alhamdulillah selamat. Yang tinggal di gua, cuma satu keluarga selamat. Sisanya entah mati lemes, mati kebakar, macem-macem dah. Duh ngeri banget gue nontonnya tuh, apalagi ada peneliti yang naik mobil, terus mobilnya tuh dikejar-kejar wedus gembel, terus dia rekam deh aliran tuh kambing jalanan (wedus = kambing, gembel = orang jalanan).

Yaah, pokoknya begitu, kalo lo punya NGC di rumah lu pantengin deh acara yang ada Pinatubo-Pinatubo-nya. Lumayan nambah pengetahuan.

Err...baca di koran pagi katanya S. Williams lapar gelar. Dia lapar gelar, gue lapar secara harfiah--orang puasa Bo'! Terus...Kuzzy masih aman aja di New Haven--sompret Eurosport kagak nayangin. Menang tiga set lawan Zheng Jie, tapi gue lupa skornya--seperti biasa lah. Hemm, Kuzzy unggulan pertama ye di New Haven? Bagus lah...semoga dia beruntung di US Open 2009. Amin!

Adios.

No comments:

Post a Comment