Friday, October 9, 2009

Napak Tilas Seorang Juara

Buku ini menceritakan tentang kehidupan Roger Federer, petenis putra berperingkat satu ATP1) yang berhasil memecahkan rekor dengan menjuarai lima belas gelar tunggal Grand Slam2). Buku ini menceritakan mulai dari masa kecil Federer, awal karirnya, hingga perjuangannya sehingga berhasil mendominasi dunia tenis putra.

Kelebihan buku ini adalah isinya yang cukup mendetail, sehingga pembaca bisa mengetahui banyak hal yang jarang diketahui orang tentang Roger Federer. Buku ini juga dilengkapi foto-foto mulai dari masa kecil Federer, kemenangannya di sejumlah turnamen, hingga kegiatan latihannya sehari-hari. Dimuat pula komentar-komentar untuk Federer dari sejumlah petenis lain seperti Pete Sampras dan James Blake. Buku ini juga dilengkapi dengan catatan kaki untuk menerjemahkan istilah-istilah sulit dalam tenis seperti volley3), lucky loser/s4), round robin5), dan lain-lain. Rene Stauffer juga menurut saya merupakan orang yang tepat untuk menulis biografi Federer, karena selain ia merupakan orang yang cukup dekat dengan Federer, ia juga sudah cukup lama mengamati dunia tenis profesional--putra dan putri, sehingga ia bisa membuat komparasi antara Federer dengan pemain-pemain seperti Boris Becker, Andre Agassi, Jimmy Connors, Stefan Edberg, Sampras, dan lain-lain.

Kekurangannya adalah penulis kadang-kadang terlalu subyektif dalam menulis buku ini. Maksudnya, kadang-kadang penulis hanya memandang segala sesuatunya dari sudut pandang Federer saja, sehingga ada beberapa kalimat yang terkesan merendahkan pemain lain. Hal ini ditakutkan dapat memicu konflik antarpemain, seperti yang sudah biasa terjadi terutama di dunia tenis putri. Sampul buku ini juga terlalu sederhana untuk ukuran biografi seorang atlit yang mendominasi suatu olahraga, dan masih kalah jauh dengan sampul edisi aslinya (bukan terjemahan).

Namun demikian, buku ini tetap direkomendasikan untuk dibaca oleh kalangan pecinta olahraga--khususnya tenis, karena sebagai biografi buku ini tergolong lengkap dan mendetail. Kisah-kisah perjuangan Federer juga dimuat dengan cukup informatif, sehingga insya Allah mampu memotivasi para pembacanya--terutama mereka yang ingin menggeluti dunia tenis secara profesional.

Judul: The Roger Federer Story: Quest for Perfection
Penulis: Rene Stauffer
Penerbit: Penerbit Andi
Cetakan: 2008
Tebal: 434 halaman
ISBN: 978-979-29-0561-8

Mentari Raissa Sandiastri

Keterangan:
1) Association of Tennis Professional, induk organisasi tenis putra dunia.
2) Turnamen utama dalam tenis, yaitu Australia Terbuka, Roland Garros, Wimbledon, dan AS Terbuka.
3) Memukul bola sebelum bola menyentuh lapangan.
4) Pemain berperingkat rendah yang mengikuti suatu turnamen karena pemain yang berperingkat tinggi berhalangan ikut.
5) Format pertandingan dengan membagi pemain menjadi beberapa grup, di mana para pemain harus meraih jumlah minimal kemenangan yang telah ditentukan untuk bisa melanjutkan ke babak selanjutnya.

No comments:

Post a Comment