Thursday, May 7, 2009

About Poem in My Eyes

Okeeeeeeeeeeeeh...akhirnya gue pulih juga dari writer's block yang melanda beberapa hari ini *lagi parah-parahnya ini penyakit, ff aja gak selesai-selesai*. Hari ini hari Kamis, dan gue ulangan fisika! Di luar dugaan, ternyata soalnya gak terlalu susah! Gue bisa tuh ngerjain, dan gue termasuk yang pertama selesai ngerjain itu ulangan. Dan gue baru nyadarin sebenernya fisika itu menyenangkan, apalagi kalo lagi ngutak-atik rumus terus ketemu jawaban yang bener, cuma ya tergantung gurunya juga, kan? Terus pelajaran bahasa Indonesia-nya tentang puisi, seru deh, terus nyalin puisinya Chairil Anwar (1922 - 1949) yang judulnya Do'a, puisinya dalem banget. Terus mendadak jadi kepikiran pengen nulis puisi gitu tiap hari di satu buku, terus dicatet tanggalnya. Sukur-sukur bisa jadi saksi sejarah kayak puisinya Chairil *amin!*. Ini dia contoh puisi gue yang gue tempel di mading sekolah:

Ketika awan menyelimuti matahari
Rintik-rintik air membasahi bumi
Aku terdiam di kamar seorang diri
Menunggu sampai hujan berhenti

totally don't remember!>

Hujan
Bagian dari siklus kehidupan
Ia bisa menjadi kawan ataupun lawan
Bukti kuasa Tuhan yang tiada bandingan

Itu puisi judulnya Hujan, inspirasinya gue dapet pas khotbah Jum'at. Jadi waktu itu hujan deres pas khotbah, dan karena muka gue kena cipratan air, gue jadinya gak ngantuk, tapi ya gabisa dengerin khotbah karena hujannya bising banget. Ya udah pikiran gue mulai melayang kemana-mana, dan tiba-tiba kepikiran buat bikin puisi tentang hujan. Dan itulah jadinya, gue tempel di mading sekolah pas mau Kamfus (Kompetisi Agama, Matematika, Futsal, dan Sains). Lumayan juga meskipun bikinnya asal-asalan dan dibikin sok berima gitu. Ini lagi contohnya:

Kertas hijau di amplop cokelat
Tiba di tangan tepat setelah shalat Jum'at
Jantung berdetak semakin cepat
Nafas terasa semakin berat

Stabilo merah di satu kolom nilai
Tangan dan kaki terasa mati
Namun bahagia juga tersisip di hati
Karena jauh lebih baik daripada yang sudah jauh hari

Dua kolom dengan arsiran
Membekukan seluruh badan
Tapi tak apa, masih ada kesempatan
Untuk mempertahankan urutan dan mencapai tujuan

Tuhan, berikanlah semangat bergerilya
Untuk memburu nilai sebagaimana mestinya
Meski hanya enam pun tak apa
Asalkan bisa mendapatkan yang lebih dari delapan puluh lima

Kalo yang itu judulnya Rapor Bayangan, gue bikin abis terima rapor bayangan. Yang di atas itu udah diutak-atik, versi aslinya ada di Facebook Notes. Seperti biasa dibikin sebisa mungkin jadi berima gitu deh. Diksinya ngasal, majasnya banyak pake hiperbola. Ya gitu deh puisi gue. Sebenernya masih banyak di folder laptop tapi malu kalo ditaruh di sini, mendingan kapan-kapan gue bikin aja blog lain khusus puisi.

Hahaha...padahal gue gak romantis, tapi paling doyan nulis puisi. Biasanya sih puisi gue tentang kejadian yang sehari-hari gitu *small things can be interesting if we try to dig it little deeper*. Contohnya aja tentang hujan, rapor bayangan, gitu deh. Kadang-kadang bikin tentang friendship, cinta, Tuhan, kematian, sejarah, ya gitu deh. Dulu suka banget bikin puisi tentang perang kemerdekaan, karena gue jatuh cinta dengan yang namanya SEJARAH, cinta mati dari kecil!

Kalo puisi-puisi bikinan orang lain gue sukanya Chairil Anwar terutama yang Karawang - Bekasi, terus juga Sutardji Calzoum Bachri--puisinya nyeleneh tapi enak dibaca. Terus Taufik Ismail, gue paling suka bukan puisinya, tapi lirik lagu Ketika Tangan dan Kaki Berkata, yang lagunya dinyanyiin Chrisye (1949 - 2007). Ya Allah itu liriknya dalem banget...ngerinding gue ngebacanya, sama kayak gue ngerinding baca surat Yasin--ayatnya lupa--yang jadi inspirasi buat lirik lagu itu...beuh...ngerinding pokoknya. Kapan ya gue bisa bikin tulisan yang ngaduk-ngaduk emosi pembacanya kayak gitu?

No comments:

Post a Comment